Powered By Blogger

pesan seorang teman


Bila saya ingin menghayati arti hidup ini maka saya melakukan duduk bersila tumpang setelah mengambil air lalu bersemedi,
sedang cara
"SEMEDI" yang biasa lakukan adalah begini:

duduk bersila kedua tanganku taruh dilutut.
Badan diam sama sekali,
kemudian berusaha menguasai pernapasan halus.
Mengarahkan pandangan satu meter kedepan.
Konsentrasi pikiran saya tujukan kepada alam yang maha luas (Pencipta alam yang tak berbentuk, tetapi ada dan maha kuasa, maha besar) dalam konsentrasi harus mati rasa, artinya: jangan hiraukan (rasakan) rasa gatal karena digigit nyamuk makanya saya suka mengguna autan, rasa dingin dan dll. Serta tidak menghiraukan apapun yang saya lihat, saya dengar, saya rasakan, ibaratnya bila raga dan pikiran sudah diam dan hening barulah dalam hatiku berkata:

Aku bukan badan wadag,
Aku adalah pribadi rohaniah,
Aku bukan perasaan,
Aku adalah Pribadi rohaniah.
Aku bukan pikiran, Aku adalah pribadi rohaniah,
Aku adalah pribadi, yang baka dan abadi,
Aku adalah pribadi didalam semesta, bersinar dengan cahaya rohaniah.

Kemudian kalau sudah benar-benar merasa tenang, lalu dalam hati kuucapkan:

Allah maha agung
Allah maha kuasa
Allah maha suci.
Lalu saya lanjutkan berdzikir.
Allah hu - Allah hu - Allah hu......." diucapkan dalam hati secara terus menerus, sampai diam dengan sendirinya.

Bila saya merasa sudah betul-betul, dan merasakan kenikmatan dan kebahagiaan yang luar biasa serta saya berada dialam ghaib yang indah, saya pun lalu mengucapkan dalam hati:
Allah maha Esa
Allah maha pengasih
Allah maha Penyanyang.

Dan kalau saya merasakan sudah cukup sayapun menghentikan semediku dengan menarik napas dalam-dalam, sambil mengucapkan dalam hati:
Terima kasih tuhanku,
damai-damai-damai,
Aamiiin.

Lalu Untuk mengakhiri semedhiku, tanganku mengusap wajahku 3.kali

sebelum beranjak kemana-mana, kakiku luruskan dan saya pijit-pijit, karena suka ada rasa kesemutan.

Sudah menjadi kebiasan bila saya selesai melakukan semedhi,
segala beban perasaan maupun badan terasa lebih enak, tenang, dan rasa ngantukpun hilang. Hingga menjelang subuh.

Bila ada yang ingin mencoba silahkan lakukan dengan cara saya Bersemedhi.
Salam

Tidak ada komentar: