Powered By Blogger

Serat Wedhatama, Tembang Pocung, karya KGPAA Mangkunegara IV


Ngelmu iku,  Kelakone kanthi laku,  Lekase lawan kas,  Tegese kas nyantosani,  Setya budaya pangekese dur angkara.
Ilmu itu, didapat dengan cara menghayati, dimulai dengan kemauan, artinya kemauan tuk membangun sentosa terhadap sesame, teguh membudi dayakan, menaklukkan semua angkara murka.Angkara gung,  Neng angga-anggung gumulung,  Gegolonganira,  Tri loka lekere kongsi,  Yen den umbar ambabar dadi rubeda.
Napsu angkara besar, ada didalam diri yang kuat menggumpal, menjangkau hingga ke tiga jaman, jika dibiarkan berkembang akan berubah menjadi gangguan malapetaka.Beda lamun,  Wus sengsem rehing asamun,  Semune ngaksama,   Sasamane bangsa sisip,  Sarwa sareh saking mardi martotama.
Berbeda dengan yang sudah menyukai  dan menjiwai, watak dan perilaku  yang pemaaf, kepada sesame, selalu sabar berusaha, menyejukan suasana.Taman limut,  Durgameng tyas kang weh limput,  Kerem ing karamat,  Karana karoban ing sih,  Sihing suksma ngrebda saardi gengira.
Didalam kegelapan, angakara murka dalam hati yang menjadi penghalang, akhirnya larut dalam mukjizat, oleh lautan kasih saying, kasih saying (suksma) yang sejati tumbuh  berkembang segede gunung.Yeku patut,  Tinulat-tulat tinurut,  Sapitudihira,  Aja kaya jaman mangkin,  Keh pra mudha mundhi dhiri rapal makna.
Itulah yang pantas ditiru, contoh yang patut diikuti, seperti semua nasihatku, jangan seperti jaman nanti, banyak anak muda yang menyombongkan diri dengan hafalan ayatNora weruh,  Rosing rasa kang rinuruh,  Lumeketing angga,  Anggere padha marsudi,  Kana-kene kahanane nora  beda.
Tidak memahami, hakekat ilmu yang dicari, sebenarnya ada di dalam dirinya sendiri, asal mau berupaya, sana sini (ilmunya) tidak berbeda.Uger lugu,  Denta mrih pralebdeng kalbu,  Yen Kabul kabuki,  Ing drajad kajating urip,  Kaya kang wus winahya sekar Sri Nata.
Asal tidak banyak tingkah, agar supaya merasuk ke dalam sanubari, bila berhasil terbuka derajat kemuliaan hidup yang sebenarnya, seperti yang telah tersirat dalam tembang sinom.

Tidak ada komentar: